Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan
masyarakat.
Pendidikan di Indonesia
Pendidikan di Indonesia semakin hari kualitasnya semakin
rendah, berdasarkan survey United Nations Education Scientific and
Cultural(UNESCO) terhadap kualitas Negara berkembang di asia. Indonesia
menempati peringkat 10 dari 14 negara,
makan dari itu wajib adanya pembenahan dalam system pendidikan kita saat ini.
“rata-rata anak SMA saat ini memiliki tingkat
kecemasan seperti pasien sakit jiwa pada tahun 1950”
Ironis sekaligus
pukulan bagi pendidikan di Indoenesia. Disini
saya menyakini apabila Indonesia ingin keluar dari keterpurukan maka perlu
adanya pembenahan dalam 2 aspek, yakni
1.Kurikulum
Dilihat dalam sudut pandang psikologis, kurikulum yang
dianut Negara Indonesia membuat siswa-siswa menjadi terbebani dan cenderung
menjadi stress, bayangkan saja kegiatan belajar dimulai pukul 06.30-15.00 dari
hari senin-sabtu, belum lagi tugas yang diberikan oelh para guru, mungkin saja
niatnya baik karena ingin menjadikan putra putrid bangsa menjadi individu yang
mandiri, rajin, dan sigap. Akan tetapi disisi lain para siswa dan siswi tidak
memiliki waktu yang cukup umtuk beristirahat ataupun refreshing yang saya pikir
itu sangatlah diperlukan bagi seorang murid karena dapat mengembalikan kondisi
mental dan pikiran yang kacau detelah belajar yang terlalu di forsir oleh
kurikulum pendidikan.
UN juga berdampak pada tingkat kesetressan anak didik di
Indoensia , karena sangat tidak baik anak didik belajar dalam kondisi tertekan,
karena kemungkinan besar ilmu yang diberikan tidak kan terserap oleh otak. Belum
lagi kunci jawaban yang tersebar luas, memungkinkan anak Indonesia menjadi
tidak jujur juga UN tidak bias menjadi tolak ukur sukses tidaknya seorang murid
untuk melanjutkan kejenjang selanjutnya.
2.Guru
Guru menjadi kunci
penting dalam pendidikan di Indonesia, menurut saya setiap guru wajib dibekali ilmu
tentang psikologi, karena dengan ilmu psikologi yang dimiliki oleh seorang guru
maka dia bias memahami setiap karakteristik dari muridnya, bakat yang dimiliki
murid, metode belajar apa yang diinginkan leh seorang murid. Apabila hal itu
terlaksana maka akan terjadi keselarasan antara guru dan murid. Apabila terjadi
keselarasan maka kegiatan belajar mengajar akan mengasyikan,tidak membosankan
dan yang terpenting tidak membuat siswa menjadi takut dan depresi.
good job and thank you
BalasHapusUmpan Ikan Nila Paling Manjur