MEMBUAT RANCANGAN TRAINING

TUGAS 6

Nama: Fahri Ferdiansyah
kelas : 3PA11
NPM: 13514792



PSIKOLOGI MANAJEMEN
RESTORAN DAPUR GOSONG (Bergerak Di Bidang Kuliner)
Sasaran training: NEW STAFF AS A PART OF OUR BIG FAMILY DAPUR GOSONG
Matrei:
1.      menjaga prilaku sebagai seorang pelayan
a.       sopan
b.      menghindari dan merubah kebiasaan jelek
c.       mengenal nama
d.      hati – hati dalam menilai seseorang
e.       berpenampilan sesuai tata tertib  (standart grooming)
f.       menjaga nama baik dan rahasia perusahaan

2.      memberikan pelayanan optimal kepada tamu baik produk dan jasa
a.       produk makanan&minuman berdasarkan  
b.      standarisasi baik pembuatan dan penyajiannya
c.       memberikan pelayanan kepada tamu dengan baik dan sabar secara professional
d.      lebih memperhatikan pelayanan yang diharapkan tamu
e.        bekerja cepat namun tepat
f.       tetap menjaga sikap dan cara berbicara dalam mengatasi komplain tamu, walaupun tamu tersebut kasar

3.      CLEAN AS YOU GO
bentuk diri dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan kerja sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan, dimanapun dan kapanpun berada beserta peralatan yang digunakan

4.      SENSE OF BELONGING
ciptakan rasa perduli dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan apapun yang dilakukan, dengan sesama pelayan kerja, demikian halnya dengan tamu, bersama menjaga keamanan barang perusahaan, tamu dan milik pribadi, penghematan dan pemakaian yang tepat terhadap barang keperluan sehari – hari

5.      STANDART GROOMING
1. Kebersihan Mulut (Gigi & Bau mulut)
2. Seragam Es Teler lengkap dengan accesoriesnya (Appron,Celana,Topi ), disetrika, rapih, bersih dan tidak bau
3. Kancing jangan ada yang terlepas
4. Tangan bersih, tidak bertatoo
5. Kuku pendek, bersih, tidak hitam, dan tidak berwarna
6. Sepatu hitam bisa disemir, bukan sepatu sendal
7. Kaos kaki putih polos
8. Kebersihan badan, tidak bau, wewangian secukupnya
9. Wajah tidak berminyak dan segar

6.      Spesifik
         Wanita
1.   Rambut panjang=hair net hitam
2.   Rambut pendek=jepit hitam
3.   Make-up wajah simple, berlipstik warna merah kalem
4.   Telinga tdk ditindik/anting cukup 1 pasang
5.   Perhiasan di tangan tidak berlebihan, cukup 1
6.   Tidak menggunakan gelang kaki, tangan dan kalung selama bekerja
         Pria
1.   Rambut pendek,poni tidak menggganggu wajah, tidak berjambang dan tertata rapih
2.   Tidak berkumis dan tidak berjenggot
3.   Tidak menggunakan gelang kaki, tangan, kalung, anting(tidak ditindik)
4.   Muka fresh, tidak berkeringat dan tidak berminyak



7.      TIPE PELAYANAN/TYPE OF SERVICE= SEMI SELF SERVICE
        1. mempersilahkan tamu masuk
2. tamu mengorder minuman dan  makanan
3. tamu membayar pesanan
4. tamu membawa ke meja
5. tamu menikmati makanan
6. tamu pulang

8.      TAMU MENGORDER MINUMAN DAN MAKANAN
1. Kasir membantu tamu memesan makanan,dengan menawarkan menu yang ada (Suggestive  Selling)
2. Posisi kasir di depan mesin register,bantu dengan bahasa tubuh yang sopan
3. Tunjukkan Standing Menu (Acrylic)–jika ada

9.      TAMU MEMBAYAR PESANAN
1.      Biarkan tamu mengorder pesanan yang dikehendaki
2.      Lakukan suggestive selling jika tamu masih kelihatan bingung
3.   Usahakan tamu memesan minuman terlebih dahulu
4.   Pastikan tamu mengorder pesanan yang tepat dengan mengulangi pesanan yang disorder beserta kuantitasnya
5.    Kasir mengulangi orderan tamu dengan secret code ke bagian minuman
6.    Transaksi
7.    Minuman disajikan
8.    Tamu memesan makanan
9.   Pastikan tamu mengorder pesanan yang tepat dengan mengulangi pesanan yang disorder beserta kuantitasnya
10.  Kasir mengulangi orderan tamu dengan secret code kepada bagian makanan
11.  Transaksi
12.   Setelah semua orderan masuk, pastikan kepada tamu apakah ada tambahan lagi sebelum transaksi ditutup
13.   Berikan kertas transaksi(struk) dan kembaliannya
         dengan tangan kanan
14.   Ucapkan“Terima kasih bu/pak..)selamat menikmati”
15.   Tetap tersenyum

10.  TAMU MEMBAWA KE MEJA

1. Kasir arahkan tamu mengambil tray beserta alat makannya di counter depan
2. “Silahkan ibu, bisa diambil di sebelah sana/kanan/kiri..”bantu  dengan bahasa tubuh
3. Jika ada produk makanan yang belum jadi, pastikan kepada  tamu untuk diantar dengan memberikannya nomor meja
4. “Hidangan ibu/bpk akan diantarkan segera ke meja, ini nomor mejanya..terimakasih
5. Tetap tersenyum
6. Kasir/Checker menuliskan nomor meja pada kertas copy transaksi tamu untuk petunjuk pramusaji
7. Greeter (umum-depan) membawanya ke meja tamu beserta alat makannya berdasarkan nomor meja
8. Jika minuman dan makanan dilayani oleh greeter (umum - depan) karena suatu kondisi tertentu pastikan menyajikan hidangan tamu dari sebelah kanan tamu dengan kaki kananmaju ke depan (Clock-wise)
9. “Permisi bu/pak Nasi Goreng Terasinya, nomor meja 30…”
10. Letakkan Tissue dan Alat makan erlebih dahulu ke meja tamu
11.”Es teh nya…silahkan…”
12.”Nasi Goreng nya…silahkan…”
13.Tetap Tersenyum
14. Sajikan minuman terlebih dahulu baru makanan
15. Tanyakan kembali untuk memastikan hidangan yang dipesan “Ada lagi yang lain ibu/pak…terima kasih”

11.  TAMU MENIKMATI MAKANAN

1. Bagian umum-depan tetap memperhatikan apa yang diharapkan tamu
2. Bagian umum-depan tidak berdiri membelakangi tamu terlalu lama
3. Jika ada tamu yang ingin menambah makanan namun kondisinya sulit untuk datang ke kasir, tamu mengorder makanan/minuman dikehendaki
4. Dalam setiap transaksi selalu berikan kertas struknya kepada tamu untuk bukti
5. Clear – up
6. Suggestive selling

12.  TAMU PULANG

         Ketika tamu bergegas meninggalkan meja, tetap perhatikan tamu apakah ada yang perlu dibantu, mungkin ada yang tertinggal di meja sebelum tamu jauh pergi“Permisi bu/pak majalahnya tertinggal di meja…terimakasih/terimakasih kembali”
         “Terimakasih ibu/bpk…selamat siang”
         Clear – up.




Komentar