masalah lain dari masalah msdm



Pembahasan Masalah dalam MSDM
Sebagaimana diketahui bersama bahwa tujuan inti dari Manajemen Sumber Daya Manusia adalah memanfaatkan sejumlah Individun untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi (perusahaan). Oleh karena MSDM akan selalu berhubungan dengan manusia dan tenaga kerja yang mempunyai jasmani dan rohani. Pada dasarnya semua manajer akan dapat menyelesaikan pekerjaan melalui upaya-upaya orang lain, Karena manusia itu sangat sensitive maka seorang manajer tidak boleh memperlakukan tenaga kerja dan manusia seperti memperlakukan mesin. Dalam hal ini masalah- masalah yang harus diperhatikan dalam MSDM adalah:
a.    Desain Organisasional
Desain organisasional meliputi perencanaan tugas pekerjaan berdasarkan pada interaksi orang-orang, tekhnologi, dan tugas-tugas untuk mencapai misi, tujuan, dan rencana strategik organisasi. Hal ini akan sangat berpengaruh untuk kelanjutan dan pemenuhan tujuan-tujuan perusahaan.
b.   Penyediaan Staff (Staffing)
Staffing merupakan proses yang menjamin suatu organisasi untuk selalu memiliki jumlah karyawan yang tepat dengan keahlian-keahlian dengan pekerjaan-pekerjaan yang tepat, Staffing dapat mencakup analisis pekerjaan, perencanaan sumber daya manusia, rekruitmen, dan seleksi.
c.    Komunikasi dan Hubungan Kekaryawanan
Komunikasi dan hubungan Kekaryawanan adalah mengenai penyebaran informasi diantara pekerja, manajemen, pelanggan, dan lembaga di luar organisasi lainnya. Sistem informasi, riset karyawan. Sikap survey, dan publikasi perusahaan juga termasuk dalam bidang komunikasi dan hubungan masyarakat. Dalam sebuah perusahaan biasanya ada serikat pekerja dan ini harus diakui dan diakomodir oleh perusahaan (Lihat UU No. 13 tahun 2003 Tentang Hukum Ketenagakerjaan). Serikat pekerja merupakan wadah bagi para karyawan untuk menghindari ketidak adilan yang dilkukan oleh perusahaan. Suatu perusahaan yang mampu berkomunikasi dengan serikat pekerja biasanta lebih mudah dalam pencapaian tujuan perusahaan.
d.   Pengembangan Karyawan dan Organisasi
Dalam hal ini perusahaan harus memperhatikan fungsi dari MSDM yang llain yaitu berupa pengembangan karyawan dan organisasi. Pengembangan karyawan dapat dilakukan dengan pelatihan dan pengembangan, perencanaan dan pengembangan karier karyawan. Dalam hal pengembangan karyawan untuk pengembangan organisasi perusahaan dapat melakukan analisis jabatan dan penilaian kinerja.
e.    Reward, Benefit, dan Pemenuhan Kebutuhan Karyawan
Sistem reward, benefit dan pemenuhan harus dilakukan dengan beberapa tipe reward atau benefit yang mungkin tersedia bagi pekerja seperti kompensasi, pembayaran jasa, pembagian profit, pemeliharaan kesehatan dan kese;lamatan kerja, pemberian vaksin, pemberian jaminan dana pension.

Komentar