Pembahasan Masalah dalam MSDM
Sebagaimana
diketahui bersama bahwa tujuan inti dari Manajemen Sumber Daya Manusia adalah
memanfaatkan sejumlah Individun untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi
(perusahaan). Oleh karena MSDM akan selalu berhubungan dengan manusia dan
tenaga kerja yang mempunyai jasmani dan rohani. Pada dasarnya semua manajer
akan dapat menyelesaikan pekerjaan melalui upaya-upaya orang lain, Karena
manusia itu sangat sensitive maka seorang manajer tidak boleh memperlakukan
tenaga kerja dan manusia seperti memperlakukan mesin. Dalam hal ini masalah-
masalah yang harus diperhatikan dalam MSDM adalah:
a.
Desain Organisasional
Desain
organisasional meliputi perencanaan tugas pekerjaan berdasarkan pada interaksi
orang-orang, tekhnologi, dan tugas-tugas untuk mencapai misi, tujuan, dan
rencana strategik organisasi. Hal ini akan sangat berpengaruh untuk kelanjutan
dan pemenuhan tujuan-tujuan perusahaan.
b.
Penyediaan Staff (Staffing)
Staffing
merupakan proses yang menjamin suatu
organisasi untuk selalu memiliki jumlah karyawan yang tepat dengan
keahlian-keahlian dengan pekerjaan-pekerjaan yang tepat, Staffing dapat
mencakup analisis pekerjaan, perencanaan sumber daya manusia, rekruitmen, dan
seleksi.
c.
Komunikasi dan Hubungan Kekaryawanan
Komunikasi
dan hubungan Kekaryawanan adalah mengenai penyebaran informasi diantara
pekerja, manajemen, pelanggan, dan lembaga di luar organisasi lainnya. Sistem
informasi, riset karyawan. Sikap survey, dan publikasi perusahaan juga termasuk
dalam bidang komunikasi dan hubungan masyarakat. Dalam sebuah perusahaan
biasanya ada serikat pekerja dan ini harus diakui dan diakomodir oleh
perusahaan (Lihat UU No. 13 tahun 2003 Tentang Hukum Ketenagakerjaan). Serikat
pekerja merupakan wadah bagi para karyawan untuk menghindari ketidak adilan
yang dilkukan oleh perusahaan. Suatu perusahaan yang mampu berkomunikasi dengan
serikat pekerja biasanta lebih mudah dalam pencapaian tujuan perusahaan.
d.
Pengembangan Karyawan dan Organisasi
Dalam
hal ini perusahaan harus memperhatikan fungsi dari MSDM yang llain yaitu berupa
pengembangan karyawan dan organisasi. Pengembangan karyawan dapat dilakukan
dengan pelatihan dan pengembangan, perencanaan dan pengembangan karier
karyawan. Dalam hal pengembangan karyawan untuk pengembangan organisasi
perusahaan dapat melakukan analisis jabatan dan penilaian kinerja.
e.
Reward, Benefit, dan Pemenuhan
Kebutuhan Karyawan
Sistem
reward, benefit dan pemenuhan harus dilakukan dengan beberapa tipe reward atau
benefit yang mungkin tersedia bagi pekerja seperti kompensasi, pembayaran jasa,
pembagian profit, pemeliharaan kesehatan dan kese;lamatan kerja, pemberian
vaksin, pemberian jaminan dana pension.
Komentar
Posting Komentar